10 Hal Menarik Tentang ASUS ExpertBook B3000 Detachable

ASUS ExpertBook B3000, dari namanya saja sudah mulai terbayangkan layaknya buku yang memiliki segudang kemampuan untuk membantu banyak hal. Laptop seri terbaru dari ASUS ini diluncurkan pada akhir tahun 2022, uniknya lagi seri ExpertBook ini diperuntukkan secara khusus kepada para pelajar dan lini usaha tertentu. Laptop ini hadir menjawab kebutuhan penggunanya, layaknya perangkat mobile yang memiliki daya tahan baterai cukup lama dan dilengkapi fitur dan konektivitas super lengkap.

Saya berkesempatan mencoba langsung unit ASUS ExpertBook B3000 Detachable, dan memang sudah sangat menjawab keinginan pasar terutama di industri pelayanan dan pendidikan. Ada beberapa poin yang masih teringat jelas, dan menurut saya ini sebuah rangkuman dari pengamatan pribadi tentang laptop ASUS ExpertBook B3000.

Bisa Untuk Semua Aktivitas Kerja dan Belajar

Laptop biasa pasti akan terbatas ruang geraknya, ASUS ExpertBook berbeda. Saya rasa apa pun profesinya, laptop ini akan membantu banyak hal dari berbagai sisi. Jika di industri F&B, sederhananya perangkat ini bisa menjadi device payment operating systems sekaligus juga bisa menjadi laptopnya pengelola cafe melihat secara langsung cashflow. Selain itu, aktivitas belajar tentu laptop ini sudah sangat membantu, mengganti buku catatan dan sebagai perangkat media belajar.

Desain Ringkas Lepas Pasang

Mengusung konsep detachable yang memungkinkan untuk di lepas dan pasang kembali, ketika dipasang jelaslah tampak seperti laptop namun ketika dilepas keyboardnya sekilas layaknya tablet. Tantang diri kamu untuk meneksplorasi cara produktif mengerjakan banyak hal dengan cara yang kamu inginkan.

Cocok Diletakkan Di Mana Saja

Bagian layarnya ketika dilepas serupa tablet, dan fitur rotasi layar memungkinkan kamu untuk melihat tampilan potrait dari perangkat ini. Bagian belakangnya dilengkapi dengan penyanggah, sehingga bisa diberdirikan di mana saja baik landscape maupun potrait.

Stylus Tanpa Baterai Eksternal

Cukup hanya meletakkan stylus pada tempatnya, otomatis charging dan hanya butuh 15 detik untuk bisa digunakan hingga waktu yang lama sampai 45 menit. Sangat membantu untuk mengkreasikan gambar, membuat catatan ataupun menandai dokumen tertentu.

Mendukung Mobilitas Penggunanya

Karena bisa dialih bentuknya sesuai yang diinginkan, tentu perangkat ini menjadi sangat mendukung mobilitas penggunannya. Jika sewaktu saat ingin menjadi perangkat presentasi dengan mudah diganti dan ketika ingin menjadi perangkat untuk mengetik juga hanya butuh waktu yang sebentar.

asus expertbook b3000
sumber: asus.com

Portabel Sekaligus Fleksibel

ASUS ExpertBook B30000 didesain ringkat dan ringan hanya sekitar 590gram dengan ketebalan 0.9cm. Dengan bobot serta dimensinya, perangkat ini tergolong laptop yang begitu portabel dan ringkas untuk dibawa ke mana pun.

Aman Bagi Kesehatan Penggunanya

ExpertBook B3000 hadir dengan layar sentuh 16:10 (1920 x 1200) dan telah tersertifikasi low blue light oleh TÜV Rheinland. Keyboard ExpertBoard di ExpertBook B3000 juga telah dilindungi oleh ASUS Antibacterial Guard, yaitu lapisan pelindung berbahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri berbahaya hingga 99% dalam waktu 24 jam.

Sangat Pas Untuk Aktivitas Remote Work

Teknologi terintegrasi mencakup fungsi upstream untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker, dan fungsi downstream untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara. Ini memastikan gangguan minimal untuk komunikasi berkualitas tinggi, jadi seperti berada di ruangan dengan orang lain. Dilengkapi juga Noise-Reducing Camera, Asus Wifi Master, Dual Cameras, Mic Mute Key.

Military Grade

ASUS ExpertBook B3 Detachable juga menjalani pengujian internal yang ketat, termasuk uji tekanan panel, guncangan, dan jatuh untuk memastikan ketahanan yang serius.

Performa Teknologi Terkini



Main Spec.
ExpertBook B3000
CPUQualcomm® Snapdragon™ 7c Gen 2 (1MB L3 Cache, up to 2.55GHz, 8 cores)
Operating SystemWindows 11 Home in S Mode
Memory8G LPDDR4X on board
Storage128G eMMC
Display10.5-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10 60Hz, touchscreen, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 320nits, sRGB 121%
GraphicsQualcomm® Adreno™ GPU 618
Input/Output1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display + power delivery 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2, Bluetooth 5.1
Camera5.0 MP front-facing camera 13.0 MP world-facing camera
AudioBuilt-in speaker, Built-in array microphone
Battery38WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension26.03 x 17.21 x 0.89 ~ 0.90 cm
Weight590 gram
PriceRp6.999.000
Warranty1 tahun garansi internasional + ASUS Expert Warranty