Strategi Pemasaran Produk Makanan, 6 Cara Promosi Makanan Online 2022

Mengapa dalam kegiatan usaha perlu diadakan strategi promosi yang tepat jawabannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek produk sehingga memenangkan pasar, dan strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan media pemasaran online. Strategi pemasaran produk makanan secara online tentu memiliki tahapan cara promosi makanan online.

Membuat strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan memang bukanlah suatu hal yang mudah. Namun jika berhasil melakukan strategi pemasaran produk makanan, maka keuntungan bisnis kuliner bisa meningkat hingga berkali lipat.

Sebagai seorang pebisnis, Kamu pasti berharap bisa mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar, bukan? Oleh karena itu kami telah merangkum beberapa strategi marketing yang bisa membantu Kamu sebagai berikut. Referensi untuk menentukan cara mempromosikan makanan online.

Cara Promosi Makanan Secara Strategi Pemasaran Iklan Online

  1. Menggunakan Facebook Ads
    Strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan yang pertama adalah menggunakan Facebook Ads. Sesuai namanya, strategi ini akan menggunakan layanan dari Facebook untuk membantu memasarkan produk.
    Perlu diketahui bahwa saat ini Meta selaku perusahaan induk dari Facebook memiliki beberapa media sosial. Selain Facebook, Meta juga memiliki Messenger, Instagram dan juga WhatsApp.
    Oleh karena itu, penggunaan Facebook Ads juga bisa digunakan untuk melakukan iklan di media sosial tersebut kecuali WhatsApp. Tentunya strategi marketing di Instagram dan Facebook sangat penting pada zaman sekarang.
    Sebab dua media sosial ini memiliki jumlah pengguna yang cukup besar baik dalam linkup Indonesia atau nasional. Dengan menggunakan salah satu strategi pemasaran produk makanan seperti Facebook Ads, produk Kamu akan mudah menjangkau target pasar.
  2. Menggunakan Google Ads
    Selain menggunakan Facebook Ads, strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan juga bisa mengandalkan Google Ads. Layanan iklan ini adalah milik perusahaan mesin pencari terbesar di dunia yaitu Google.
    Sebagai layanan mesin pencari terbesar di dunia, Google hampir dipakai oleh setiap orang ketika berinternet. Sehingga menggunakan Google Ads adalah strategi cara mempromosikan makanan online yang tepat agar produk bisa menjangkau lebih banyak orang.
    Layanan Google Ads akan membuat website Kamu berada di posisi paling atas ketika seseorang melakukan pencarian. Dengan begitu, potensi website mendapatkan pengunjung juga akan semakin meningkat. Dan itu adalah salah satu strategi pemasaran produk makanan secara online.

Cara Promosi Makanan Secara Strategi Pemasaran Organik

  1. Melakukan Endorsement
    Di zaman sekarang dikenal istilah influencer. Kamu bisa memanfaatkan influencer tersebut sebagai bagian dari strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan. Cara mempromosikan makanan online adalah salah satunya melalui endorse produk.
    Proses endorsement dilakukan dengan cara kerja sama antara perusahaan dan influencer. Bentuk kerja sama tersebut biasanya adalah promosi produk dari suatu perusahaan yang dilakukan oleh influencer.
    Strategi pemasaran produk makanan menggunakan endorsement untuk bisnis ini terbilang cukup efektif mengingat besarnya pengikut seorang influencer. Sebab produk Kamu bisa dilihat oleh ratusan ribu hingga jutaan orang saat melakukan endorsement.
    Tentunya pemilihan influencer untuk memasarkan produk tidak boleh dilakukan sembarangan. Pastikan Kamu memilih influencer yang memang sesuai dengan produk Kamu agar hasil endorsement lebih efektif.
  2. Give Away
    Give away merupakan strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan secara cepat. Pemberian give away bisa dilakukan dengan cara menukarkan struk belanja untuk nantinya diundi sebagai pemenang.
    Maka orang-orang yang ingin memenangkan give away akan membeli produk Kamu. Secara otomatis, penjualan produk akan meningkat selama proses give away berlangsung. Sehingga meski harus mengeluarkan hadiah, Kamu tetap untung.
    Namun pastikan hadiah yang Kamu janjikan di dalam give away memiliki nilai besar. Karena strategi pemasaran produk makanan dengan pemberian give away tidak akan berjalan jika hadiahnya kurang menarik minat pelanggan.
    Selain itu, Kamu juga harus memiliki produk dengan kualitas tinggi untuk melakukan strategi ini. Sehingga ketika proses give away selesai, para pelanggan masih akan membeli produk Kamu.
  3. Buy 1 Get 1
    Strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan yang selanjutnya adalah promo buy 1 get 1. Promo ini cukup mampu menarik minat pasar untuk mencoba membeli produk Kamu.
    Sama seperti strategi give away, strategi pemasaran produk makanan dengan promo buy 1 get 1 juga mengharuskan Kamu memiliki produk dengan kualitas baik. Sebab strategi ini berguna untuk mengenalkan produk pada para pelanggan.
    Jika produk Kamu tidak disukai, maka pelanggan tidak akan melakukan pembelian ulang. Sehingga strategi buy 1 get 1 ini hanya akan membuat bisnis Kamu mengalami kerugian.
    Namun jika Kamu sudah cukup percaya diri terhadap produk, maka buy 1 get 1 adalah pilihan tepat. Para pelanggan nantinya akan tetap mau membeli produk walau periode promo telah berakhir. Sangat ampuh sebagai cara mempromosikan makanan online.
  4. Sistem Member
    Strategi marketing lainnya untuk meningkatkan penjualan adalah menggunakan sistem member. Caranya dengan memberikan banyak bonus atau penawaran spesial jika pelanggan menjadi member dari brand Kamu.
    Dengan menjadi member, maka pelanggan akan cenderung melakukan pembelian berulang atau secara terus menerus. Oleh karena itu strategi ini akan meningkatkan penjualan produk secara keseluruhan.
    Meningkatkan penjualan suatu produk memang bukanlah hal mudah. Oleh karena itu penentuan strategi marketing harus dilakukan secara matang. Sehingga strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan memberikan hasil optimal.

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan media pemasaran online tentunya. Strategi pemasaran produk makanan secara online tentu memiliki tahapan cara mempromosikan makanan online. Mengapa dalam kegiatan usaha perlu diadakan strategi promosi yang tepat, supaya usaha menjadi paling menonjol dari pesaingnya sehingga bisa memenangkan pasar dan menarik minat calon pembeli produk atau pengguna jasa yang ditawarkan.

Strategi apa pun jenisnya untuk memasarkan produk baik secara offline dan online tidak luput dari dasar pemasaran itu sendiri. Strategi pemasaran 4p digadang-gadang sebagai landasan di dunia pemasaran yang meliputi; product, price, place dan promotion.

Walaupun di beberapa jurnal, strategi marketing 4p sedikit agak acak, mana pun yang lebih dulu ke empatnya merupakan alat untuk memahami dunia pemasaran. Sebagai contoh, jika sebuah produk barang atau jasa yang tidak dipasarkan hanya diproduksi saja atau disediakan saja, bagaimana kegiatan usaha akan berjalan semestinya. Itulah mengapa dalam kegiatan usaha perlu diadakan strategi promosi yang tepat.

Tujuan Pemasaran Online

  1. Mengenalkan Produk Yang Ditawarkan
    Seperti halnya makanan, dimana pun Kamu membuka usaha makanan promosi pemasaran penting untuk mengenalkan pada masyarakat agar mereka mengetahui bahwa kamu berjualan makanan. Sehingga ketika mereka sudah kenal dengan produk yang kamu jual, otomatis akan terngiang di alam bawah sadar mereka ketika butuh maka belilah produk yang sudah dikenal. Mengenalkan produk pun memiliki cara tersendiri, apakah meletakkan pamplet di depan outlet dan strategi offline lainnya, atau membuat kanal media sosial menerapkan strategi pemasaran online. Pelajar banyak hal tentang pemasaran untuk memudahkan kamu mengenalkan produk agar menjadi pilihan untuk masyarakat.
  2. Menciptakan Kesadaran Produk
    Menciptakan kesadaran produk terkait menitipkan satu produk yang kamu jual ke pikiran calon pembeli, maksudnya seperti ini ketika seseorang lapar, apakah yang akan terpikirkan oleh mereka. Mungkin membeli nasi, mi, atau menu sajian makanan lainnya, setelah sadar akan produk maka daftar ingin ini mengecil menjadi apa yang terpikirkan oleh mereka. Maka jangan heran jika berjalan ke jalan lintas, ada pamplet setiap 100m, di depan ada indomaret padahal kamu tidak ingin singgah tapi karena ada pamplet itu jadinya singgah. Begitu juga menciptakan kesadaran produk, ganggu pikiran calon pembeli dengan konten di media sosial sehingga kepikiran untuk mencari tau.
  3. Menciptakan Kesadaran Merek
    Dari banyaknya jualan nasi goreng, nasi goreng apa yang menjadi pilihan, tentunya seseorang akan memikirkan sebuah merek dari nasi goreng. Kemudian mengeksekusinya, membelinya dari ojek online atau langsung datang ke outlet, pada tahap ini pastinya sudah berurusan dengan pelayanan. Kembali bahasan kesadaran merek, ketika mereka sadar akan produk semisal nasi goreng, semakin dikuatkan lagi nasi goreang siapa yang akan dibeli. Apakah nasi goreng aceh, nasi goreng kampung atau nasi goreng mangkuk instant. Dan penentuan ini terjadi benturan, antara kesadaran merek, rasa dan pengalaman orang lain.
  4. Memenangkan Persaingan Pasar
    Menggunakan strategi promosi pemasaran penting untuk semakin menguatkan klaim terbaik pada persaingan pasar. Walaupun banyaknya produk serupa yang dijual oleh banyak pesaing, tapi strategi pemasaran tentu berbeda-beda, inilah yang membedakannya dan berlomba-lomba mengenalkan kelebihan produk. Strategi cara mempromosikan produk pun direncanakan dengan tepat agar bisa memenangkan persaingan pasar. Paling sederhana agar terlihat lebih unggul oleh kompetitor, sehingga mampu menguasai pasar pembeli, walaupun demikian kegiatan usaha juga tidak akan tumbuh jika persaingan pasar tidak sehat.
  5. Paling Unggul Dari Kompetitor
    Memonopoli pasar terkadang membuat kamu tidak terbuka dengan perkembangan, dan banyak perusahan besar gulung tikar karena kesombongan menganggap sudah sangat kokoh di puncak pasar. Jadi paling unggul dari kompetitor memiliki dua mata pisau, agar tidak terjadi yang demikian sebagai pemangku keputusan, pengusaha diharapkan lebih giat berinovasi dan melakukan perkembangan. Untuk merencanakan banyak hal yang bisa kamu lakukan jangka panjang, perlu melihat referensi dan membaca informasi seputar bisnis terkait yang sedang kamu jalankan. Siapa yang mengira jika sekarang ada pasar kuliner yang labelnya street food market, jika tidak beradaptasi dengan perkembangan maka sangat disayangkan.

Visi Pemasaran Online

  1. Mengembangkan Usaha Jangka Panjang
    Siapa pun pengusaha dan apa yang diusahakannya, tentu punya rencana besar pada jangka panjang, jika usaha hanya memikirkan untuk finansial bulanan maka cukuplah sampai di situ. Tapi saya yakin semua pengusaha memiliki desain keinginan yang harus dilakukannya, untuk mencapai semua yang sudah direncanakan. Semisal, mereka yang berjualan bakso keliling, pasti berencana membuka outlet bakso agar tidak keliling, kemudian rencana membuka cabang, kemudian rencana membuat perusahaan f&b yang bisa masuk pasar saham, dan rencana-rencana besar lainnya. Strategi pemasaran bisa mewujudkan itu semua, memudahkan untuk mengembangkan usaha jangka panjang.
  2. Menjaga Loyalitas Pelanggan
    Mencari pembeli baru itu mudah di zaman yang serba digital, bahkan hitungan jam kamu bisa mengatur promosi tepat sasaran. Hanya saja eranya digital, menghadirkan banyak pilihan dan sangat mudah mengaksesnya. Perlunya menjaga loyalitas pelanggan dengan mengatur strategi pemasaran yang khusus ditujukan buat para pelanggan. Semisal promo khusus untuk para follower, dan bentu apresiasi pemasaran lainnya yang membuat pelanggan nyaman dan merasa terhormat. Sudah pasti setuju bahwa pembeli adalah raja, tapi dalam artian berikan pelayanan terbaik salah satunya promosi khusus pelanggan untuk menjaga loyalitas pelanggan.
  3. Orientasi Pencapaian Target
    Menentukan target omzet penjualan juga terintegrasi dengan seberapa besar kurva pemasaran yang harus diatur. Jika sekarang penjualan masih di angkat 10 dengan pengunjung yang datang 20, maka bagaimana caranya untuk mendatangkan banyak pengunjung dengan asumsi 50% akan membeli produk yang kamu jual. Strategi promosi yang tepat dengan orientasi mencapai target yang sudah ditentukan, maka tidak salah lagi perlu promosi baik secara organik maupun berbayar iklan. Strategi pemasaran online pun sama halnya dengan pemasaran offline, ada yang tanpa modal dari mulut ke mulut seperti konten pemasaran organik dan juga ada yang perlu dana pemasaran seperti baliho, sebar flyer seperti ADS FB, ADS Google dan lainnya.

Telah terjawab pertanyaan mengapa dalam kegiatan usaha perlu diadakan strategi promosi yang tepat, agar kegiatan usaha berjalan semestinya ada yang menjual dan ada yang membeli. Sehingga nantinya, kamu berpikir untuk menentukan strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan kemudahan dan pemanfaatan yang ada, salah satunya meluangkan waktu memasarkannya di media promosi online. Bagaimana menurutmu, cara mempromosikan produk makanan secara online seperi apa yang paling ampuh?