Aplikasi Stockbit, Investasi Saham Di Satu Platform Lengkap

Jika kamu masuk ke artikel ini untuk mengenal lebih dekat dengan aplikasi stockbit, semoga ulasan ini membuat kamu lebih akrab dan semakin yakin untuk menjadikan stockbit teman investasi saham kamu. Keamanan, kemudahan, jejaring komunitas investor saham itu menjadi nilai lebih dari Stockbit, pelajari selengkapnya tentang peluang finansial ini mungkin bisa jadi hobi baru untuk para pengusaha seperti kamu.

Saya mengenal saham hanya kulit luarnya saja, hanya paham sebatas seseorang bisa memiliki saham PT Sidomuncul, bagaimana caranya dan apa keuntungannya memiliki saham saya tidak pernah mencari informasi detailnya. Sungguh kebetulan yang tidak terduga, berkesempatan ikut kelas investasi saham untuk pemula yang diselenggarakan PT Stockbit Sekuritas Digital kolaborasi seru dengan komunitas lokal Blogger Medan Blog M. Memang benar-benar dari dasar dan sangat mudah dipahami, Panji Pratama Rusli sebagai Community Growth Stockbit memberikan pemahaman tentang wawasan investasi saham yang begitu menyenangkan.

Singkat cerita di kesempatan tanya-jawab ada tips dari Panji untuk pemula yang ingin terjun manjadi investor saham.

  • Pilih ingin menjadi trader yang memanfaatkan jual-beli nilai saham secara cepat atau menjadi investor yang memanfaatkan dividen tahunan yang dibagikan dari perusahaan.
  • Menyarankan untuk deposit dana yang tidak terpakai di tabungan, hindari menggunakan uang kebutuhan harian atau uang keperluan darurat agar tidak susah di kemudian hari
  • Pelajari data keuangan perusahaan sebelum membeli saham dari perusahaan tersebut, (perhatikan pendapatan, ekuitas, hutang, kas) catatan keuangan yang sehat memiliki proyeksi baik untuk membeli saham perusahaan
  • Ada dua jenis pemain saham yang bisa diadaptasi, memiliki 2 akun investasi saham yang 1 untuk trading jangka pendek yang 1 lainnya untuk investasi harapkan deviden jangka panjang
  • Ingin bermain aman, beli porsi saham di banyak perusahaan sehingga meminimalisir resiko harga saham turun di perusahaan tertentu

“Saham murah belum tentu jelek, saham mahal belum tentu bagus, pelajari dengan teliti prospektus saham perusahaan sebelum membelinya,”

sebagai penutup webinar investasi saham yang dibawakan oleh Panji Pratama Rusli.
aplikasi stockbit

PEMICU SESEORANG BERINVESTASI SAHAM

Mengapa sih perlu investasi mungkin sebagian kamu ada yang bertanya-tanya, walaupun alasan utama dari investasi adalah mengharapkan pertambahan nilai tapi ada banyak faktor yang menggerakkan alasan investasi. Umur dan nilai uang.

Ketika umur masih di usia muda pasti sangat banyak yang ingin dikerjakan, tapi ketika masuk di usia tua apa yang ingin dikerjakan terbatas dari mulai waktu dan energi. Manusia yang dituntut produktif untuk cari duit, di usia tua investasi sangat menjanjikan, tidka menguras waktu dan energi, bayangkan jika investasi sudah kamu mulai di usia muda?

Nilai mata uang tiap tahun mengalami kenaikan, sederhananya kebutuhan sehari-hari mungkin di tahun 2022 nilainya 100ribu tapi apakah di 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun kemudian kebutuhan sehari-hari nilainya sama masih 100ribu, pasti sudah berbeda. Tingkat inflasi nilai mata uang ini juga menjadi faktor penggerak seseorang untuk berinvestasi saham, bayangkan jika kamu memiliki saham PT Sidomuncul 1000Rupiah dan memiliki 100lot saham, apakah di tahun depan, 5 tahun, 10 tahun berikutnya 1lot saham PT Sidomuncul tetap 1000Rupiah, tentu ada kenaikan. Bayangkan kamu di 10 tahun berikutnya, tidak perlu berkerja sudah ada pendapatan dari dividen investasi saham tersebut.

SAHAM SEBAGAI BUKTI KEPEMILIKAN

Apa itu saham, penjelasan singkatnya begini, saham adalah bukti kepemilikan nilai suatu perusahaan. Istilahnya, jika kamu memiliki 1 lembar saham di perusahaan tertentu kamu adalah pemilik perusahaan tersebut dengan total nilai seharga 1 lembar saham itu. Nilai 1 lembar saham bervariasi mulai dari 1000 rupiah hingga ratusan ribu rupiah, kepemilikan lembar saham ini sendiri minimal 1 lot = 100 lembar saham. Semisal, PT Sidomuncul menerbitkan sahamnya 1000 rupiah per lembar, maka minimal kamu membelinya 100 lembar saham senilai 100.000 rupiah, dan kepemilikan kamu 1 lot saham PT Sidomuncul. Istilah “lot” menjadi standar umum di sekuritas lainnya, jadi jangan beranggapan di sekuritas lain bisa beli lembaran.

PROSES JUAL-BELI SAHAM JAM 8.45-15.15 HARI KERJA

Bagaimana alur pembelian dan penjualan saham berkerja, untuk memudahkan pemahaman saya akan menggambarkan bahwa saham ini adalah produk jual-beli. Ketika kamu seorang investor ingin beli produk saham maka memerlukan toko sebagai lapak jualan produk, toko inilah sekuritas seperti Stockbit dan banyak toko lainnya. Sekuritas ini sendiri dihimpun dan terdaftar di satu mall yang sama, mall inilah BEI (PT Bursa Efek Indonesia). Detailnya, BEI bertugas sebagai pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem juga sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka (para trader dan investor melalui sekuritas). Diproses berdasarkan sistem, nantinya ketika investor di sekuritas A menjual 1 lot saham, maka nantinya 1 lot saham ini masuk ke pasar saham melalui proses transaksi BEI kemudian dijamin dan diselesaikan oleh KPEI & KSEI, 1 lot saham ini kemudian dibeli sekuritas B oleh investor lain, maka terjadilah proses transaksi jual-beli saham.

Jangan beranggapan jika kamu membeli saham di sekuritas A yang beli saham kamu nantinya investor di sekuritas A juga, belum tentu. Tentang KPEI dan KSEI;

  • KPEI adalah PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia didirikan berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal Indonesia tahun 1995 untuk menyediakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi bursa yang teratur, wajar dan efisien.
  • KSEI adalah PT Kustodian Sentral Efek Indonesia atau dikenal dengan singkatan KSEI didirikan di Jakarta, pada tanggal 23 Desember 1997 dan memperoleh izin operasional sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian pada tanggal 11 November 1998.

Jika transaksi dilakukan di luar hari kerja, maka proses transaksi di kemudian hari pada hari kerja.
Jika sekuritas bangkrut atau tutup, status saham yang kamu beli melalui sekuritas itu masih aktif, dengan catatan lapor ke KPEI dan KSEI yang selanjutnya pindah sekuritas.

PELUANG DAN RISIKO INVESTASI SAHAM

Seperti halnya menanamkan investasi pada bisnis, tentu ada potensi pendaptan dan juga ada potensi risiko kerugian. Agar semakin kuat menganalisa saham dari profil perusahaan, sudah seharusnya kamu memahami dasar potensi pendapatan dan kerugian ini.

  • Potensi pendapatan
    • dari capital gain: harga jual lebih besar dari harga beli saham, sehingga mendapatkan keuntungan ketika kamu menjual saham.
    • dari dividend: pembagian keuntungan perusahaan kepada investor (umumnya 1x atau 2x kali dalam setahun, tergantung kebijakan perusahaan)
  • Potensi risiko
    • dari capital loss: harga jual lebih kecil dari harga beli saham, sehingga statusnya rugi karena harga jual rendah.
    • company bankruptcy: perusahaan bangkrut sehingga berimbas dengan nilai saham yang dimiliki banyak orang
    • suspension & delisting: suspension adalah saham perusahaan dihentikan sementara dari bursa saham karena alasan tertentu hingga masalah diselesaikan, bahkan bisa sampai ke tahap delisting adalah penghapusan saham perusahaan dari bursa saham sehingga tidak lagi bisa diperjual-belikan.

KEGALAUAN PARA INVESTOR SAHAM

Masalah yang sering dihadapi para Investor Saham berbeda-beda, dari yang senior investor pun masih sering mengalami keraguan, setidaknya ada beberapa masalah yang sering dihadapi investor.

  • Takut rugi tentunya wajar, tapi ketakutan alami kerugian dari ketidak-tahuan itu yang jadi bermasalah, takut rugi investasi saham karena membeli saham hanya sebatas ikut-ikutan tren.
  • Gak tau cara analisis saham perusahaan, singkatnya untuk jangka panjang diperlukan analisis fundamental dan untuk jangka pendek diperlukan analisis teknikal
  • Daftar RDN Susah, RDN adalah rekening dana nasabah diterbitkan oleh Bank khusus transaksi nilai uang reksa dana dan produk sejenis reksa dana. Umumnya pengurusan ini lebih dari satu hari karena jika datang langsung ke Bank ada proses verifikasi data yang tidak langsung selesai saat itu juga.
  • Aplikasi sekuritasnya ribet, sangat umum dialami banyak investor karena aplikasi tidak menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, banyak fitur tapi bingung cara pakai
  • Minimal nominal investasi besar, beberapa sekuritas ada yang menaruh minimal yang besar sehingga ragu untuk investasi.

PERBEDAAN INVESTOR DAN TRADER SAHAM

Investor saham adalah umumnya untuk jangka panjang sekitar 10 tahun hingga lebih dan mengharapkan keuntungan dari nilai jual saham serta dividen yang dibagikan dari kinerja perusahaan. Memerlukan analisa fundamental secara menyeluruh untuk para investor saham, mengetahui bagaimana perjalanan perusahaan di beberapa tahun terakhir sebelum memutuskan untuk membelinya.
Trader saham adalah mereka yang mengharapkan keuntungan dari nilai jual saham jangka pendek, memanfaatkan gerakan naik-turun harga saham, jangka waktunya bisa harian dan juga bulanan. Para trader umumnya menerapkan analisa teknikal untuk membaca pergerakan naik-turun harga saham.

Stockbit, One Stop Investment Journey

Historikal yang menjelaskan bagaimana perkembangan Stockbit sehingga bisa disimpulkan bahwa Stockbit Aman dan Mudah, perusahaan berpengalaman dan menerapkan teknologi digital selama prosesnya, dari daftar hingga jual-beli saham.

Informasi Perusahaan Stockbit

Berdiri tahun berapa? Sejak 1990 sudah mulai beroperasi atas nama PT Mahakarya Artha Sekuritas, selanjutnya di desember 2021 resmi diakuisisi dan berganti nama PT Stockbit Sekuritas Digital. Kepemilikan Stockbit dari pemberitaan media adalah Wellson Lo yang merupakan Co-Founder Stockbit sekaligus komisaris. Jajaran manajemennya Bacelius Ruru sebagai komisaris utama, Megawati Andrew Soewardi sebagai Direktur Utama, Jason Terence Halim sebagai Direktur, Jana Lukito sebagai Direktur.

Sejak pendiriannya di awal, Stockbit sudah terdaftar dan diawasi OJK dengan nomor izin KEP-132/PM/1992. Lebih jelasnya tentang perkembangan perusahaan Stockbit;

  • Perubahan Manajemen dan Kepemilikan di tahun 2000
  • Menggunakan Remote Trading di tahun 2007
  • Berpartisipasi dalam transaksi negosiasi PT Adaro Energy senilai RP15.73 Triliun di tahun 2009
  • Terdaftar di KSEI dan IDX sebagai sekuritas yang dapat melakukan pembukaan rekening efek secara digital di tahun 2021
  • Perubahan Manajemen dan Kepemilikan dari PT Mahakarya Artha Sekuritas menjadi PT Stockbit Sekuritas Digital di tahun 2021
daftar stockbit tanpa minimal deposit

Daftar 100% Online Tanpa Minimum Deposit

Pendaftaran mudah hanya melalui smartphone secara digital tentunya pastikan kuota dan pulsa tersedia, langsung punya akun rekening tanpa minimal deposit. Untuk saat ini bank penyedia rekening RDN untuk Stockbit adalah Bank BCA dan Bank JAGO (bank konvensional bukan unit syariah-nya).

3 Langkah Mudah Daftar Stockbit

  • Download aplikasi Stockbit, daftar dan isi formulir secara online,
  • Isi informasi rekening untuk RDN Stockbit, jika BCA langsung di aplikasi stockbit, jika Bank JAGO download aplikasi JAGO
  • Daftar, upload dokumen, deposit dan beli saham, semuanya hanya dilakukan secara online

Biaya Komisi di Stockbit

  • Fee Beli 0,10%
  • Fee Jual 0,20%

Biaya transaksi ini terbilang murah karena sudah termasuk biaya broker, biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) 0,043%, PPN biaya broker 11%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%.

Fitur Layanan Stockbit

  • Mudah digunakan karena desain aplikasi begitu interaktif selama transaksi dan analisa saham oleh investor.
  • Keamanan generasi terbaru karena dilengkapi metode fingerprint dan face ID.
  • Dana aman karena semua dana disimpan terpisah di Rekening Dana Nasabah (RDN) sehingga tidak bisa disalahgunakan pihak lain.
  • Personal customer support melayani chat secara langsung untuk permasalahan layanan.

Fitur Investasi di Aplikasi Stockbit

  • Platform Charting Modern, memudahkan analisis teknikal dengan fitur chart canggih memudahkan ambil keputusan.
  • Screener Terbaik, tampilan pergerakan saham terbaik dengan kriteria yang kamu inginkan, bisa juga langsung gunakan preset screener dari guru saham terkenal.
  • Data Finansial Lengkap, historikal keuangan perusahaan disajikan hingga lebih 10 tahun dengan rasio-rasio keuangan dan data akurat.
  • PE Standard Deviation Band, tools canggih umum digunakan institusi dan pemain besar untuk melihat suatu saham masih murah atau sudah mahal.

Paling banyak ditanyakan dari semua fitur ini. Jika ada yang ingin bertanya tentang biaya bulanan stockbit maka tidak ada sama sekali biaya bulanan yang dikenakan. Tetap bisa membuka rekening Stockbit jika tidak memiliki NPWP. Fitur Auto order / trading otomatis tidak tersedia secara bawaan tapi bisa diinput manual oleh para investor.

tools stockbit pro

Stockbit Pro Tools Profesional untuk Pemula

Semakin dimudahkan, para pemula yang baru terjun di dunia investasi saham akan mendapatkan fitur profesional yang menuntun kamu hingga menjadi profesional, dari mulai menganalisa hingga memutuskan untuk beli saham yang mana. Beberapa kelebihan stockbit pro;

  • Mempelajari data laporan keuangan perusahaan
  • Rasio-rasio fundamental yang lengkap
  • Membandingkan data emiten secara visual
  • Fitur charting profesional
  • Mudah mencari saham sesuai kriteria
  • Notifikasi real-time saat harga tercapai
  • Melihat pergerakan saham pada bulan-bulan tertentu
  • Rangkuman laba bersih perusahaan tiap periode
  • Membandingkan data emiten satu dengan lainnya
langganan stockbit pro

Pilihan fitur berlangganan sesuai kebutuhan para investor saham, menariknya Stockbit Pro GRATIS hanya dengan membuka akun rekening Stockbit, pelajari selengkapnya.

stockbit academy

Stockbit Academy, wadahnya belajar investasi saham gratis dari dasar

Untuk semakin memperluas wawasan dunia investasi saham untuk para pemula, Stockbit menyediakan pojok digital untuk belajar investasi saham. Jadi kamu tidak perlu ragu jika ingin investasi saham tapi bingung mau mulai dari mana. Buka rekening stockbit kemudian belajar langsung dari stockbit academy.

modul stockbit academy

Istilah-istilah di Stockbit

  • Stockbitor : sebutan untuk nasabah Stockbit
  • Stockbit stream : halaman khusus selalu diperbarui yang berisi tentang ide-ide, grafik saham, link dan data keuangan lainnya, memudahkan stockbitor melihat perkembangan saham terkini dalam satu laman.
  • Virtual Trading : fitur berinvestasi dengan menggunakan data saham asli dengan dana virtual, yang bertujuan untuk melatih analisa pergerakan saham.

/ sumber gambar dan video dari laman resmi Stockbit

Leave a Comment