Program market day di sekolah akan berlangsung beberapa hari lagi, sebagai orang tua murid bingung ingin jualan apa, sebagai guru pelaksana bingung ingin merancang market day seperti apa. Harapannya ulasan tentang market day sekolah berikut ini bisa meringankan kamu sebagai orang tua murid maupun guru pelaksana ketika masuk masa program tersebut berlangsung di sekolah.
Market day di sekolah disambut begitu meriah, koridor sekolah berubah menjadi tempat jual-beli berbagai produk hasil kreasi siswa. Momen yang paling dinanti oleh siswa, guru dan orang tua yang dirancang secara khusus oleh pihak sekolah menumbuhkan semangat berwirausaha sejak dini. Untuk ikut serta menyukseskan kegiatan market day, perlu memahami wawasan agar menyusun persiapan untuk market day terlaksana dengan baik.
Apa itu Market Day Sekolah
Market Day di sekolah adalah kegiatan berkala yang memungkinkan siswa menjual produk atau jasa mereka, yang bertujuan memotivasi jiwa kewirausahaan. Program Market Day merupakan simulasi pasar yang tujuannya siswa praktik langsung transaksi jual-beli dan berkesempatan menjadi seorang pengusaha dalam sehari. Produk dan jasa yang dijual oleh siswa biasanya dibantu oleh orang tua untuk produksinya, kemudian dibawa ke sekolah dan beberapa koridor sekolah menjadi layaknya pasar kaget untuk beberapa hari. Kegiatan ini di tiap sekolah berbeda-beda, ada yang berlangsung hingga beberapa hari ada juga yang hanya melakukannya satu hari.
Terkadang market day hadir bersamaan dengan kegiatan sekolah lainnya di beberapa kesempatan, misalkan pekan olahraga sekolah, pekan seni ataupun kegiatan lainnya. Market day dihadirkan agar kegiatan tersebut menjadi ramai dan memberikan pengalaman bagi siswa yang hobi berniaga. Suasana dan semangat berwirausaha biasanya ditumbuhkan dan diinisiasi oleh guru yang mengurus bidang ilmu kewirausahaan.
Market Day Sekolah untuk Anak TK
Kegiatan market day untuk anak TK dirancang dalam bentuk pembelajaran yang berbasis program opsional, karena tidak semua TK menerapkannya. Market day di TK umum nya bertujuan untuk mengembangkan bakat para anak TK dibidang kewirausahaan dan dibantu para orang tua. Kegiatan ini akan dihadiri oleh orang tua para murid yang mendampingi anaknya untuk mengadakan penjualan dan bertransaksi. Ide jualan di market day anak TK cenderung pada produk dengan harga yang murah, seperti jajanan sehat, mainan unik maupun produk hasil kreativitas. Dekorasi hiasan di market day anak Tk biasanya penuh warna dan begitu meriah agar menambah semarak kegiatan market day.
Market Day Sekolah untuk Anak SD
Beberapa sekolah dasar juga menerapkan program market day untuk menumbuhkan semangat pengusaha bagi para siswa partisipan, memberikan gambaran tentang praktik transaksi jual-beli hingga mengurus usaha. Ada yang melibatkan semua tingkatan SD ada juga yang hanya fokus pada kelas 4, 5, 6 sebagai siswa yang membuka gerai jualan. Dekorasi jualan pada market day di SD tidak terlalu banyak warna, dan hiasan pun tidak terlalu banyak. Stand market day di SD mulai ada poster jualan, banner jualan dan spanduk jualan sebagai dekorasi dan informasi untuk produk apa yang dijual. Kebanyakan, ide jualan makanan di market day anak SD lebih banyak produk yang sederhana dan gampang membuatnya.
Market Day Sekolah untuk Anak SMP
Jualan makanan di market day anak SMP lumayan beragam, karena referensi jualan yang sudah begitu banyak untuk siswa SMP. Program market day di SMP juga bertujuan untuk menumbuhkan minat siswa terhadap industri retail dan praktik berniaga. Ide jualan makanan di market day anak SMP didominasi dengan jualan makanan yang mudah untuk disajikan, ada yang membuatnya di rumah ada juga yang memproduksinya di gerai ketika market day berlangsung. Terkadang sistemnya berkelompok, sehingga orang tua tidak lagi membantu selama produksi hanya bertugas menyarankan ataupun mengawasi. Dekorasi pada gerai market day di SMP dipenuhi dengan poster jualan, banner jualan, bahkan spanduk jualan ketika market day berlangsung.
Market Day Sekolah untuk Anak SMA
Daya beli siswa SMA dipengaruhi oleh banyak hal, dan pada market day di SMA program ini bisa disisip oleh kegiatan lainnya seperti Pekan Seni maupun Pekan Olahraga. Bisa dibilang umumnya, market day di SMA akan menjadi konten kegiatan bukan sebagai program utama. Untuk memilih jualan apa di market day SMA butuh analisa yang baik, melalui pendekatan kegiatan utama seperti apa dan apa yang mereka butuhkan. Ide mendekorasi stand untuk anak SMA semakin kreatif, karena akses informasi yang tidak terbatas maka anak SMA punya banyak referensi. Ide jualan pun begitu bervariasi dengan didukung daya beli anak SMA yang begitu minat dan dipengaruhi kegiatannya, misal kegiatan olahraga maka ide jualan minuman akan lebih cocok.
Konsep Market Day dan Tema
Konsep market day di sekolah tergantung dari tingkatan instansi pendidikannya, market day di TK dan SD biasanya masih dipandu dengan pengajar bahkan orang tua terlibat, sedangkan market day di SMP dan SMA sudah mulai pada orientasi praktik perniagaannya bahkan bahasan teknis pemasaran. Ingin menyelenggarakan program market day di sekolah, setidaknya ada beberapa konsep pembelajaran untuk siswa termotivasi menjadi seorang entrepreneur. Sebagai pengajar yang ingin merencanakan tema maupun apa saja yang akan dilakukan di market, berikut panduan menyusun konsep untuk market day di sekolah.
1. Praktik Produksi Untuk Siswa
Pada jenjang TK dan SD, market day dengan konsep praktik produksi sangat tepat, untuk memberikan gambaran kemandirian dalam menciptakan produk jualan. Misalkan bersama antara pengajar dan murid membuat jajanan pasar, olahan minuman kekinian, dan lainnya.
2. Kelompok Wirausaha Antar Siswa
Dengan berkelompok, biasanya kegiatan produksi akan sebuah produk menjadi bervariasi karena bertemunya gagasan untuk kreasi produk jualan tertentu. Kelompok wirausaha ini secara umum berfokus pada kegiatan produksi, memberikan wawasan pada siswa tentang kerjasama tim ketika menghasilkan sebuah produk jualan.
3. Kegiatan Bazzar Di Wilayah Sekolah
Menyelenggarakan kegiatan bazar, bertujuan untuk mengadakan arena jual-beli layaknya pasar yang diadakan hanya beberapa hari saja. Sekolah memfasilitasi ruang untuk siswa membuka gerai sehingga produk yang dibawa dari rumah dijual di kegiatan bazar dengan tujuan program market day sekolah.
4. Berjualan Keliling Di Lingkungan Sekolah
Jika wilayah sekolah cukup luas, konsep paling unik adalah memberikan pengalaman pada siswa untuk berjualan keliling, menawarkan produknya ke pada teman, guru yang ada di lingkungan sekolah. Bisa berupa jualan makanan ringan yang dipanggul ataupun dipegang menggunakan nampan kemudian berkeliling.
5. Kompetisi Membangun Merek dan Produk
Pada tingkatan SMP maupun SMA, beberapa sekolah juga bisa mengadakan kompetisi untuk membangun merek dan produk, menganalisa kesiapan siswa merancang strategi untuk berjualan. Kegiatan ini bisa bersifat kompetisi, mulai dari fase perencanaan, produksi hingga strategi mengambil pasar produk yang mereka jual.
Ini topik penting yg selalu dipikirin Mak emak yg anaknya udah masuk sekolah.
Bukan cuma ide jualan, konsep Market Day pun kadang sekolah lemparkan ke forum Ortu supaya temanya selalu fresh. Makasih lho bang udah nulis ini jadi terbuka pikiran soalnya Market Day ini tujuan akhirnya panjang, bukan sekedar anak jualan dan emak masak sehari, tapi bagaimana dr jualan sehari ini bisa jadi ide buat usaha panjang ke depan. Siapa tau malah bs jd usaha utama.
Sebagai org tua market day mmg moment yg dinanti. Selain melatih kreativitas anak, jg jiwa wirausaha mereka. Moga2 di skolah Iqbal ada market day juga. 😁
Bagus banget ini konsep market day kalau di implementasi di sekolah². Apalagi sekarang cari kerja susah. Kalau dari sekolah di terapkan mindset bisnis dan berdagang kan kita sebagai anak muda udah lebih terpanggil untuk berwirausaha dibanding nunggui lamaran kerja.
Wah…bagus nih dibaca pihak-pihak sekolah buat nambah ide market day. Jadi anak-anak gk bosan dengan ide yang itu-itu aja. Tapi ide-idenya bisa menggali kreativitas dan semangat anak-anak didik untuk berwirausaha.