Usaha Yang Tidak Pernah Sepi Jarang Rugi Di Tahun 2024

Yang akan booming di tahun 2024 sepertinya beberapa usaha yang tidak pernah sepi dan selalu melakukan improvisasi untuk tetap bertahan di era serba teknologi. Di Indonesia saat ini, usaha yang jarang rugi walaupun tantangan datang silih berganti meliputi produk atau jasa yang terkait keberlangsungan diri. Urusan kebutuhan makanan dan minuman sudah pasti, lebih detail lagi usaha yang memiliki visi dan misi untuk memastikan kebutuhan pribadi terpenuhi akan tetap dicari. Selain kuliner masih banyak lagi, jenis usaha yang menyasar kepentingan banyak orang yang bersifat urgensi.

Apa pun usaha jualan maupun bisnis yang dijalankan, jika senantiasa mengikuti perkembangan maka potensi usaha akan lebih menjangkau permintaan. Rahasianya hanya perlu peka terhadap apa yang terjadi di sekitaran, menjadi pengusaha maupun pebisnis harus memiliki kepekaan dan menjadikannya peluang. Walaupun terkesan sederhana untuk dilakukan, tapi sebenarnya menjadi peka butuh dihadapkan dengan banyak pengalaman. Sebuah anekdot populer menceritakankan tentang pengalaman seseorang, katanya dari 10 pengalaman membangun usaha hanya 2 usaha yang akan stabil memberikan hasil.

Itulah mengapa pengalaman begitu bernilai harganya, berteman dengan mereka yang memiliki pengalaman, dan belajar dari yang sudah jatuh bangun mendirikan usaha, hal ini adalah rezeki yang paling istimewa. Cukup di sini pengantarnya, mari masuk ke bahasan dari hasil pantauan personal, mungkin kamu pun punya sudut pandang yang berbeda tentangnya.

Usaha Yang Jarang Rugi Tahun Ini

Contoh usaha yang banyak peminatnya tahun ini tidaklah banyak perubahan, dari tahun ke tahun tetap memiliki penggemar yang membelinya sesuai kebutuhan. Pernahkah kamu merasa dalam sepekan di sekitar kamu tinggal, banyak sekali usaha baru yang didirikan padahal sepertinya populasi sebagai target pasar mereka tidak bertambah. Usaha apa yang bagus di tahun 2024 ini alternatifnya:

1. Coffee Shop, Kedai Kupi, Kafe Resto

Kamu pasti paling tau bahwa saat ini banyak sekali usaha coffee shop bermunculan dan bahkan kedai kupi di banyak titik juga banyak sekali. Coffee shop yang hadir menawarkan minum kopi dengan pengalaman berbeda-beda, dan bahkan kedai kupi yang hanya mengandalkan produk sanger juga banyak bermunculan. Hal ini membuktikan bahwa usaha ini jarang mengalami kerugian, melihat beberapa tahun belakang semakin banyak tempat minum kopi bermunculan dengan berbagai konsep. Tantangannya ada pada strategi pemasaran dan penguatan merek usaha agar menjadi pilihan utama ketika orang ingin minum kopi.

2. Ayam Penyet, Ayam Tepung Kriuk, Ayam Sambel

Pernahkah terkesan, setiap tempat makan yang baru dibuka atau di beberapa spot usaha di kota kamu, usaha yang begitu bergerak stabil adalah tempat makan khususnya tempat makan yang menjual ayam sebagai lauk utamanya. Di sana sini ada saja tempat makan ayam penyet yang menawarkan ayam goreng garing dengan sambel ebi pedas ditambah nasi dengan lalapan. Di sisi lain, ayam goreng tepung yang menawarkan cita rasa makan ala KFC juga ramai dengan merek usaha yang sudah populer. Maka tidak heran jika jenis usaha tempat makan ayam sambel menjadi salah satu usaha yang jarang rugi tahun ini, jika dikelola dengan baik dan menerapkan strategi pemasaran yang terencana.

3. Toko Sembako, Toko Sayur Masak, Rumah Makan

Kebutuhan makan harian tidak akan pernah ada pengganti, menjalankan usaha terkait memenuhi kebutuhan makan harian akan selalu ramai pembeli dan sangat jarang rugi. Misalkan toko sembako yang menawarkan banyak pilihan bahan pokok untuk memasak makanan harian, dari mulai sayur, bumbu, hingga ragam pilihan bahan penuh nutrisi lainnya. Sementara itu, usaha yang terbilang unik adalah sayur masak yang dibungkus satuan untuk mereka yang mungkin sedang tidak ingin masak di rumah. Tapi ada juga rumah makan yang menawarkan secara lengkap dari mulai sayur dan lauk dibungkus menjadi nasi bungkus yang populer dibeli untuk makan siang para pekerja.

4. Sarapan Pagi, Mie Balap, Nasi Gurih

Hampir setiap pagi mereka yang berangkat berkerja tidak cukup waktu untuk mempersiapkan sarapan, itulah mengapa usaha sarapan pagi selalu banyak peminatnya. Mulai dari mie balap atau istilah familiernya mie goreng, dijual untuk memenuhi kebutuhan sarapan pagi. Variasi usaha sarapan pagi seperti jajanan kue ataupun jajanan roti, sangat bisa untuk memenuhi kebutuhan sarapan untuk mereka yang tidak cukup waktu mempersiapkan sarapan. Inilah asalannya usaha sarapan pagi bisa dibilang jarang rugi karena banyak peminatnya.

5. Distributor, Produsen, Produk Dijual Lagi

Semangat untuk yang ingin memulai usaha tapi bingung ingin mulai dari mana, mengawali usaha dengan menjadi reseller juga begitu menjanjikan. Sebabnya banyak sekali usaha rumahan yang perlahan menjadi produsen maupun distributor untuk kebutuhan bahan bagi mereka yang ingin dijual lagi. Misalkan saja produsen makanan beku seperti dimsum beku, bakso beku, sosis beku, nuget beku yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin berjualan. Biasanya mereka akan memvariasikan lagi menjadi makanan khas dari jualan mereka sendiri, misalnya nuget beku menjadi bahan utama untuk usaha angkringan.

6. Jasa Konsultasi, Kursus Keahlian

Perlahan akan banyak yang ingin mempelajari suatu keahlian namun secara instan yang fokus pada inti dari keahlian tersebut, apakah itu ilmu yang terkait praktikal maupun teoritis. Jasa konsultasi juga menjadi usaha yang menjanjikan, mengingat banyak yang memulai usaha namun tidak cukup waktu untuk mempelajari banyak hal sekaligus mengurus usaha. Bahkan kursus keahlian juga begitu menjanjikan di tengah indutri yang berkembang begitu pesat dikarenakan teknologi. Misalkan saja, jasa konsultasi merencanakan kedai kopi, kursus keahlian digital marketing untuk sebuah merek usaha dan banyak lagi.

7. Toko Material Bangunan, Furnitur Buat Sendiri

Rumah setiap tahunnya memiliki konsep dan model interior yang berbeda tergantung tren yang sedang berkembang, ini menjadi alasan mengapa usaha membuka toko yang menyediakan material bangunan dibutuhkan. Bisa dibilang jarang mengalami kerugian, toko material bangunan menjual produk yang dibutuhkan untuk renovasi rumah bahkan untuk membangun rumah. Di sisi lain pada industri furnitur, toko yang menjual furnitur yang bisa dibuat sendiri ataupun dirakit sendiri jadi begitu populer. Biasanya furnitur buat sendiri dipicu dengan tren interior yang berkembang setiap tahunnya, dan furnitur bisa dibuat sendiri jadi alternatif untuk menjadi furnitur rumah.

Usaha Yang Tidak Pernah Sepi Tahun Ini

Contoh usaha yang menjanjikan setiap tahunnya tidaklah banyak perubahan, yang berbeda ada pada instumen pemasarannya dan sistem manajemen yang diterapkan melihat perkembangan yang berlaku. Kalau menurut kamu, seperti apa usaha yang tidak pernah sepi di tahun ini, pasti kamu punya pendapat lain tentang ini.

1. Usaha Kuliner Dengan Pelayanan Maksimal

Akan tiba masanya ketika cita rasa kuliner dinomor 2 dalam usaha kuliner, karena yang terpenting adalah pelayanan maksimal dari tim penyajian dan pramu saji. Bayangkan saja jika kamu pergi untuk mencoba sebuah makanan yang begitu enak tapi dilayani dengan setengah hati, dan tempat makan pun tidak begitu nyaman. Dengan banyaknya alternatif pilihan usaha kuliner, bisa dibilang kamu tidak akan kembali ke tempat makan tersebut karena pengalaman yang kurang menyenangkan. Usaha kuliner perlahan akan bergeser dari cita rasa menjadi memberikan pengalaman sempurna untuk yang ingin makan di tempat. Bagaimana menurut kamu?

2. Produk Retail Dengan Kemudahan Akses Transaksi

Perkembangan teknologi begitu pesat, dan tentu tidak bisa dibendung sudah pasti harus ikut arus. Berkembangnya teknologi menjadikan jenis pembeli yang manja, hanya dari rumah tapi berbelanja. Tentu produk retail yang selalu ada setiap tahunnya, harus punya akses kemudahan untuk jenis pembeli seperti ini. Jika usaha retail masih diusung secara mandiri, hadirkan kemudahan untuk pesan melalui whatsapp. Jika produsen retail sudah tersistematis, maka sebuah platform berbelanja secara online menjadi begitu istimewa. Perlahan toko online akan berkurang minat pengusaha untuk menitipkan produknya, dikarenakan regulasi dan administrasi yang terus bertambah.

3. Usaha Viral Dengan Kesiapan Aktivasi Merek

Tipe pengusaha musiman yang mengandalkan makanan dan minuman viral untuk menjadi produk usahanya, tetap masih ada pengusaha sementara ini tapi perlahan usaha viral ini sudah sadar akan merek usaha. Sehingga akan banyak nantinya usaha viral yang diusung dengan aktiviasi merek yang mudah diingat dan mengikuti perkembangan makanan dan minuman viral lainnya. Mungkin saja, pengusaha musiman ini akan ikut arus berjualan sate angkringan dengan merek usaha tertentu, tapi ketika sudah tidak berjualan karena momentum sudah menurun, merek usaha masih dicari. Selanjutnya mereka berjualan produk viral lainnya dengan nama usaha yang sama.

4. Produk dan Jasa Dengan Digital Presence Yang Baik

Semakin sadar potensi pemasaran secara digital, setiap pengusaha seakan berlomba untuk mendapatkan kesempatan menjangkau pasar tersebut. Nantinya produk dan jasa akan bermunculan di jejaring media sosial, di pencarian google dan kanal digital lainnya. Menghadirkan usaha secara digital sesederhana berjualan melalui akun facebook personal untuk menarik minat teman terdekat di jejaring facebook menjadi pembelinya. Tentu kamu pun akan demikian, ketika berjualan pasti memanfaatkan kanal media sosial yang ada untuk menjangkau pembeli dan yang terpikirkan pasti media sosial personal kamu.

5. Industri Yang Memanfaatkan Kebutuhan Personal Paling Bergairah

Tahun ini, industri yang paling bergairah pertumbuhannya adalah industri dengan produk yang fokus pada keberlanjutan manusia tentang kepuasan pribadi dan bagaimana hal tersebut bisa membuat perkembangan secara personal. Misalkan saja urgensi tentang kesehatan manusia yang tidak bisa ditunda dan bahkan butuh dirawat agar kesehatan stabil. Maka produk asuransi begitu diminati ada kaitannya dengan mempersiapkan masa depan, bahkan produk perawatan diri juga begitu diminati untuk menjaga kesehatan tubuh tetap stabil. Hal lain seperti produk investasi juga menjadi populer, karena kaitannya untuk mempersiapkan kebutuhan jangka panjang yang tidak terduga ataupun kesiapan keuangan untuk urusan personal. Secara spesifik industri yang terkait hobi untuk melayani kepuasan juga menjadi diminati, seperti hobi minum kopi, hobi koleksi mobil hotwheels dan lainnya.

Bagaimana menurut kamu tentang proyeksi usaha yang menjanjikan, yuklah diskusi tentang potensi usaha tahun depan.

12 thoughts on “Usaha Yang Tidak Pernah Sepi Jarang Rugi Di Tahun 2024”

  1. Ada lucu lucuan orang medan jaman dulu, kalau mau jualan ya jualan es. Abis tak abis pasti caer 😀

    Tapi bagus juga ide usaha nya

    • caer ya, jadi pasti gak ada ruginya kalo jual es ya

  2. Usaha apapun sekarang membutuhkan teknik marketing yg bagus ya bang. Karena persaingan sekarang makin ketat juga.
    Usaha kuliner emang selalu rame sih. Apalagi kalo viral.

    • mereka yang jalanin usaha produk viral, akan semakin powerful kalo udah siap merek usahanya, kadang yang jualan usaha momentum bikin merek asal asal ya kan

  3. Benar sih,, kalo soal kuliner ngga hanya makanannya aja yang enak, tapi pelayanannya juga harus maksimal. Bayangin aja kalo kita datang pengen makan enak, eh ternyata pelayanannya lempeng, ngga asik kan?
    Jadi, bukan hanya soal makanan, tapi juga pengalaman makan yang bikin orang balik lagi.

    • hampir ke sini, sepertinya makanan nomor 2, tapi bagaimana resto atau tempat makan mampu bangkitkan persepsi akan makanan itu sendiri, dari pengalaman

  4. Sembako udah jelas tuh! Dari tahun ketahun gak bakalan sepi, karena kebutuhan pokok!

    • bahkan sekarang, ada pulak yang jualannya per paket mau nyayur apa, misal mau sayur daun ubi tumbuk, daun ubinya udah ditumbuk sekaligus ada kincungnya, apa gak tinggal masuk masukkan aja

  5. Usaha no.1 – 4 di tahun 2024 itu pun udah paling menjamur. Di Rantau Prapat yang kecil pun gampanh kali menemukan coffeeshop dan kebanyakan selalu ramai. Begitupun tempat jual mi balap untuk sarapan, wuihhh…..dimana-mana.

    • tinggal perang pelayaan ama rasa, pasti bertahan lama lah itu ya kan

  6. Zaman sekarang ini business owner/entrepreuner ga cuma perlu punya modal tapi juga kreativitas yang tinggi, mengingat dan mengingat persaingan tadi semakin sulit saja. Karena perang harga pun tidak menjamin juga jualan tadi bisa terus laris. Zaman sekarang utk ber-usaha kalau tak punya USP yang kuat tantangannya bakal berat banget sih,

  7. Daerah Garu, Amplas, bejejer orang jualan sarapan pagi sama ayam penyet. Warung Aceh 24 jam juga semakin di depan dan menyebar ke berbagai titik bahkan memiliki khas dan pelanggan masing-masing. 😁

Comments are closed.