10 Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan

Langkah pengembangan ide kreatif berawal dari daya pikir manusia, kemudian penerapan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan haruslah beradaptasi sesuai kanal pemasaran yang paling berpotensi. Strategi ide pemasaran online dan pemasaran offline tentu berbeda, tapi bisa disinergikan dengan cara diadaptasi dan modifikasi.

Ide Kreatif merupakan hasil pemikiran seseorang berupa gagasan atau rancangan dalam menciptakan hal-hal baru atau strategi baru yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Jika tujuannya untuk meningkatkan penjualan, maka ide kreatif yang dirancang meliputi strategi pemasaran ataupun rancangan promosi penjualan.

Selengkapnya tentang: ide jualan untuk harian

Promosi penjualan terdiri dari berbagai kegiatan untuk mengenalkan produk/jasa, aktivitas promosi meliputi peragaan penjualan, kontes, pemberian sampel, kupon potongan harga dan banyak lagi. Promosi penjualan di industri 4.0 penerapannya lebih diadaptasi ke IOT, strategi pemasaran yang terintegrasi dengan internet.

Cara meningkatkan penjualan di era sekarang ini dituntut untuk selalu inovatif, sehingga bermunculan strategi pemasaran penjualan paling baru setiap tahunnya. Setidaknya, ada beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan meliputi; pemasaran media sosial, pemasaran urban, pemasaran kontes, ide konten pemasaran, dan lainnya.

Ide kreatif dan inovatif seorang wirausaha muncul dari kegelisahan ataupun keresahan menanggapi masalah tertentu, selanjutnya mencoba untuk menjawabnya sendiri dan umumnya dijawab lebih efektif ataupun efisien. Berikut ini ada beberapa ide kreatif meningkatkan penjualan, semoga bisa membantu kamu untuk menyusun rencana usaha.

[read more]

Jangkau Banyak Orang dengan Cara Berbeda

Buat banyak orang terdistraksi dengan visual yang tidak biasa, semisal bisnis konstruksi yang identik dengan warna yang tidak mencolok, jika truk dicat warna pink pasti orang akan tertarik dan mencari tau. Ganggu batasan persepsi orang akan sesuatu dan manfaatkan area tersebut untuk memberikan promosi atau perkenalan suatu merek.

Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial

Tidak hanya sekedar mendaftar akun saja, tapi terjun langsung dikelola dan menjadikannya bagian dari komunitas pelanggan. Atur tujuan komunitas pelanggan, apakah ingin mengumpulkan pelanggan yang menyukai promo atau pelanggan yang suka diedukasi. Bisa juga berangkat dari apa yang sebenarnya mereka inginkan, perlu percobaan konten apa yang sesuai untuk mereka.

Sediakan Ruang Personal Antara Produk dan Pembeli

Media sosial merupakan sarana tepat untuk dijadikan ruang personal antara produk dan pembeli, tidak hanya ditugaskan sebagai pengantar informasi satu arah, bisa juga digunakan hanya untuk sekedar menghibur agar membuat mereka tetap terikat. Konten meme ataupun konten hiburan yang masih ada kaitannya dengan bisnis tidak ada kesalahan untuk menjadi sebuah merek.

Respon Produk Untuk Tren Yang Sedang Berlangsung

Manfaatkan tren apa yang sedang berlangsung dan adaptasi menjadi sebuah promo dadakan, dan tentu hal ini akan berkontribusi meningkatkan penjualan. Misal di hari kemerdekaan, kelahiran di bulan kemerdekaan akan mendapatkan diskon, ataupun yang menggunakan baju identik kemerdekaan mendapatkan diskon. Tren yang secara tidak sengaja tercipta pun bisa ditransformasi menjadi sebuah promosi penjualan.

Buat Aroma Masakan Menarik Perhatian

Berikan sebuah sentuhan aroma memikat setiap kali orang lewat dari outlet gerai makanan. Para juru masak paling tau bagaimana membuat aroma masakan mereka menyengat hingga keluar outlet, hal ini merupakan salah satu pemasaran yang santai tapi menjanjikan. Menanamkan produk makanan ke ingatan mereka setiap kali melintas di jalan tersebut, sehingga perlahan akan meningkatkan penjualan makanan.

Memanfaatkan Sekitar Untuk Promosi Penjualan

Peka terhadap ruang publik yang mampu mendatangkan pengunjung tetap dan berpotensi ditranspormasi menjadi pembeli. Semisal dinding kosong bisa dijadikan mural bertemakan produk atau promosi, bisa juga tempat duduk umum yang disulap menjadi hal yang berkaitan dengan produk. Dan banyak lagi ruang publik yang bisa dikomunikasikan sebagai area promosi penjualan.

Jadikan Produk Lebih Personal

Ciptakan narasi bahwa apa yang dijual itu karena ingin membantu pembeli, produk ada karena untuk menjadi kemudahan para penikmatnya. Tentu penjualan paling penting, tapi menciptakan cerita yang lebih personal akan menciptakan kesan produk jualan bukan hanya tentang bisnis tapi mengatasi masalah. Bisnis makanan bukan berjualan makanan, tapi mengatasi rasa lapar banyak orang.

Mengadakan Kontes Marketing

Paling populer kontes yang diadakan menggunakan media sosial, kontes foto ataupun konten video yang menarik perhatian dan menciptakan keterikatan yang menyebar. Menyebabkan orang lain untuk ikut kontes tersebut, secara tidak langsung menciptakan proses pemasaran dan meningkatkan penjualan secara bertahap.

Ciptakan Pengalaman Baru Menjangkau Produk

Mereka yang datang ingin mendapatkan produk eksperimen dengan menampilkan hal yang berbeda, semisal mereka yang makan dimsum tapi yang disediakan sendok bukan sumpit. Atau produk yang biasanya ada dijual di outlet malah berjualan keliling jalan, pasti akan menciptakan pengalaman berbeda untuk menjangkau banyak orang.

Apresiasi Pembeli Dengan Cara Yang Unik

Tambahkan cara berterimakasih yang berbeda, seperti memberikan voucher potongan harga yang sebenarnya untuk semua orang tapi diubah seakan hanya untuk pembeli tersebut. Bisa juga apresiasi pembeli dengan menghadiahkan hal kecil yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Jika kamu memiliki ide kreatif meningkatkan penjualan dalam pemasaran online maupun offline, silahkan diskusi. Yuk berbagi informasi seputar bisnis, jualan maupun usaha di sini.

[/read]

Artikel diadaptasi dari ulasan promosi penjualan.